Zurich Raih Predikat Kota dengan Kualitas Hidup Terbaik Sedunia

Liputan6.com, Jakarta Deutsche Bank merilis daftar kota yang memiliki kualitas hidup terbaik di dunia. Berdasarkan analisis mereka terhadap biaya dan standar hidup di kota-kota seluruh dunia, Zurich berada di peringkat pertama kota dengan kualitas hidup terbaik. Juga kota tempat tinggal dengan biaya hidup termahal.

Melansir laman New York Post, tahun ini Zurich memang naik satu peringkat dari posisinya di 2018. Pada posisi berikutnya ada Wellington, New Zealand,, Copenhageh, Edinburgh, dan Wina.

Deutsche Bank memang tak memberi peringkat pada semua kota metropolitan di seluruh dunia, melainkan lebih fokus pada market finansial global yang relevan saja.

Masalah peringkat kualitas hidup memang sangat subyektif. Deutsche Bank mengakui hal tersebut dalam laporan mereka. Ini karena setiap orang memiliki kriteria berbeda mengenai kota seperti apa yang menurut mereka paling baik sebagai tempat tinggal.

Karenanya, Deutsche Bank tidak berfokus pada budaya, hiburan serta kesempatan sosial suatu kota untuk menetukan penilaian mereka.

“Studi kami bukanlah patokan definitif terhadap hal tersebut melainkan sebuah permulaan yang baik untuk debat,” ucap penulis studi.