Zodia, Tanaman yang Bikin Nyamuk DBD Tidak Betah di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Zodia merupakan salah satu tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk demam berdarah dengue (DBD). 

”Zodia merupakan tanaman yang paling tidak disukai oleh nyamuk,” kata Staf Departemen Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Saleha Sungkar.

Sebenarnya, bukan hanya nyamuk yang tidak suka aroma zodia, manusia juga. Dalam indera penciuman manusia aroma tanaman ini sedikit tajam. 

Selain zodia, dalam seminar “Demam Berdarah yang Tak Kunjung Musnah, Mengapa?” di Gedung IMERI FKUI, Jakarta Pusat ini Sungkar juga menyebutkan ada beberapa tanaman lain yang tidak disukai nyamuk. Diantaranya sereh, jahe, lengkuas, kemangi, kencur, dan jeruk purut.

2 dari 2 halaman

Tak cukup dengan tanam tanaman antinyamuk

PSN dilakukan secara mandiri di instansi pemerintah dan sekolah untuk mencegah DBD. (Foto: Liputan6.com/Humas Pemkab Banyumas/Muhamad Ridlo)

Di kesempatan yang sama, Sungkar juga mengungkapkan bahwa tak cukup dengan menanam tanaman antinyamuk untuk memberantas DBD. Perlu juga tindakan Pemberantasan Sarang Nyamuk. Salah satunya dengan 3M (Menguras, Menutup, Menimbun). 

Sungkar menyarankan untuk melakukan 3M satu minggu sekali. Hal ini dilakukan secara rutin sehingga bisa mengendalikan nyamuk yang ada di sekitar rumah.

Ia juga mengingatkan agar tidak membiarkan tanaman yang ada di depan rumah terlalu rimbun. Pastikan juga tanaman yang dipilih tidak bisa menampung air. 

Saksikan juga video menarik berikut