WHO Peringatkan Dunia untuk Siap Hadapi Wabah Influenza

WHO mendata, diperkirakan ada 1 miliar kasus flu di seluruh dunia setiap tahunnya. Diprediksi 290 hingga 650 ribu kejadian berujung pada kematian akibat masalah pernapasan. Adapun, dua tujuan yang akan dicapai dengan strategi ini adalah:

1. Membangun kapasitas negara yang lebih kuat untuk pengawasan dan respons penyakit, pencegahan dan kontrol, serta kesiapan. Untuk mencapai hal ini, diperlukan setiap negara dengan memiliki program influenza khusus yang berkontribusi terhadap kesiapan nasional dan global serta keamanan kesehatan.

2. Mengembangkan alat yang lebih baik untuk mencegah, mendeteksi, mengendalikan, dan mengobati influenza seperti vaksin, antivirus, dan perawatan yang lebih efektif, dengan tujuan menjadikannya bisa diakses oleh semua negara.

Tedros mengatakan, dengan adanya kemitraan bersama berbagai negara selama bertahun-tahun, dunia saat ini lebih siap untuk menghadapi wabah flu. Namun, saat ini masih dirasa kurang.

“Strategi ini bertujuan untuk membawa kita ke titik itu. Pada dasarnya, ini adalah tentang mempersiapkan sistem kesehatan untuk mengelola guncangan dan ini hanya terjadi ketika sistem kesehatan itu kuat dan sehat,” kata Tedros.

Untuk pencegahan flu sendiri, WHO merekomendasikan vaksinasi tahunan sebagai cara efektif untuk mencegah wabah. Imunisasi semacam ini sangat penting bagi mereka yang berisiko lebih tinggi terhadap komplikasi yang serius serta bagi para petugas kesehatan.