Waspadai 8 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Sebabkan Rasa Cemas

7. Melakukan Aktvitas di Atas Tempat Tidur

Ahli kesehatan mental Alyssa Prete mengatakan bahwa tempat tidur seharusnya hanya digunakan untuk tidur dan hubungan intim. Jangan menonton TV, membaca, melakukan pekerjaan, atau hal lain yang tidak berhubungan dengan tidur di tempat tidur Anda.

“Otak akan mengasosiasikan Anda dengan aktivitas lain saat Anda ingin tidur sehingga akan sulit memiliki pikiran yang tenang. Hal ini menjadi pemicu rasa cemas,” kata Alyssa Prete.

Untuk menghindari hal tersebut, biasakanlah melakukan kegiatan sebelum tidur di ruang lain misalnya ruang keluarga Anda. Hal ini akan membuat Anda terbiasa untuk langsung tidur saat sudah di tempat tidur.

8. Waktu Tidur yang Berbeda

Anda mungkin memiliki waktu tidur yang berbeda-beda setiap harinya. Pada hari Kamis, Anda mungkin tidur lebih cepat untuk bangun di pagi hari esoknya. Sebaliknya, pada hari Sabtu Anda cenderung untuk tidur lebih malam dibandingkan biasanya.

Anda memang tidak perlu terlalu keras dengan diri sendiri. Namun, waktu tidur yang tidak konsisten dapat mempengaruhi kesehatan mental Anda.

“Cobalah untuk mengikuti waktu tidur yang konsisten meskipun saat akhir pekan. Anda akan merasa lebih seimbang dan tidak khawatir kekurangan durasi tidur yang biasanya menyebabkan rasa cemas,” Kata Alyssa Prete.

Penulis: Khairuni Cesario