Wabah Campak di AS, Kemenkes: Tidak ada Imbauan Khusus dari WHO

Liputan6.com, Jakarta Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat mencatat, laporan kasus wabah campak yang terjadi. Laporan kasus campak pada Senin, 22 April 2019, menunjukkan ada 71 kasus tambahan minggu lalu.

Melansir laman USA Today, kini, total kasus campak menjadi 626 kasus di 22 negara bagian Amerika. Data tersebut dihitung sejak 1 Januari 2019. Wabah campak di Amerika pun tengah menjadi sorotan dunia.

Negara-negara bagian dengan wabah campak di Amerika meliputi Arizona, California, Colorado, Connecticut, Florida, Georgia, Illinois, Indiana, Iowa, Kentucky, Maryland, Massachusetts, Michigan, Missouri, New Hampshire, New Jersey, New York, Oregon, Texas, Tennessee, dan Washington.

Menyoal wabah campak di Amerika, Kementerian Kesehatan RI menyampaikan, tidak ada imbauan khusus dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) ke negara-negara lain. Pun tak ada secara khusus peringatan perjalanan (travel warning) dan saran (travel advice) menuju negara tersebut.

“Sebenarnya imbauan secara khusus seperti sebuah program (menggencarkan) imunisasi campak enggak ada. Karena imunisasi memang sebuah bagian (wajib) dari imunisasi yang kita berikan kepada anak,” jelas Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI Anung Sugihantono di sela-sela acara Pekan Imunisasi Dunia 2019 di Kementerian Kesehatan, Jakarta, ditulis Rabu (24/4/2019).