Tidur Juga Bisa Bakar Kalori, Seberapa Banyak?

Liputan6.com, Jakarta Dalam keadaan tidur, tubuh manusia akan tetap bekerja. Mereka mempercepat perbaikan sel dan pertumbuhan sel-sel otak. Tidak hanya itu, badan kita ternyata juga tetap bisa membakar kalori meski dalam keadaan beristirahat.

“Walaupun tubuh tidak membakar kalori dengan jumlah yang sama seperti Anda bergerak, tetapi itu jauh dari nol,” kata pendiri laman kualitas tidur Tuck.com, Bill Fish seperti dilansir dari Reader’s Digest pada Minggu (17/3/2019).

Banyaknya kalori yang terbakar pun juga tidak bisa disamakan satu orang dengan yang lain. Nutrition coach Cathy Posey mengatakan, hal ini tergantung dari berat badan, suhu tubuh, serta durasi tidur Anda.

“Rata-rata, orang membakar sekitar 42 kalori dalam satu jam, setiap pon berat badan saat mereka tidur,” kata Posey. Untuk perhitungannya, Anda bisa mengkalikan berat badan dalam pon dengan 0,42. Kemudian kalikan angka yang didapat dengan durasi tidur.

Posey mengatakan, jika Anda memiliki 155 pon dan tidur selama delapan jam, kalori yang terbakar sekitar 520. Jumlah ini sama dengan melakukan jogging selama satu jam.

Simak juga video menarik berikut ini:

Begini aksi seekor anjing jenis bulldog ketika mencoba menidurkan seorang bayi di keranjang.