Suasana Latihan Gabungan Tim Paskibraka Nasional 2019 Dibuat Semirip Upacara HUT RI ke-74 di Istana Merdeka

Liputan6.com, Jakarta – Dua hari ini seluruh calon Paskibraka Nasional 2019 melakukan latihan gabungan dengan pihak-pihak yang terlibat dalam upacara HUT RI ke-74.

Pada Kamis, 8 Agustus 2019, anggota Paskibraka Nasional 2019 dilatih sebanyak delapan kali sebagai petugas upacara pengibaran bendera.

Sedangkan untuk hari ini, Jumat, 9 Agustus 2019, mereka dilatih dengan durasi yang sama seperti hari kemarin, hanya saja untuk penurunan bendera.

“Kenapa hari ini hanya penaikkan bendera, karena kita enggak mau gabungkan,” kata Kasgartap I/Jakarta, Brigadir Jenderal TNI Syafruddin, SE, MM, MTr(Han) kepada Diary Paskibraka Liputan6.com di PP-PON Cibubur, Jakarta Timur pada Kamis, 8 Agustus 2019.

Baca juga: Paskibraka Nasional 2019 dari Papua Potong Rambut, Jadi Mirip Artis

2 dari 4 halaman

Bukan Hanya Paskibraka Nasional 2019 yang Dinilai

Peserta Upacara HUT RI ke-74 yang ikut latihan gabungan bersama Paskibraka Nasional 2019 (Liputan6.com/Aditya Eka Prawira)

Sebab, bukan hanya Paskibraka Nasional 2019 yang sedang dinilai oleh para pelatih dari Garnisun. Delapan orang calon Komandan Upacara (DanUp) pun bernasib sama.

“Karena antara DanUp penaikan dan penurunan bendera, berbeda. Sehingga untuk hari ini (Kamis) yang dilatih DanUp untuk dipilih upacara penaika bendera, dan besok (hari ini) untuk penurunan bendera,” ujarnya.

3 dari 4 halaman

Selama Ini Latihannya di Tempat Masing-Masing

Calon Komandan Pasukan Paskibraka Nasional 2019 (Liputan6.com/Aditya Eka Prawira)

Sementara para peserta upacara HUT RI ke-74 yang ikut latihan gabungan bersama Paskibraka Nasional 2019, lanjut Syafruddin, selama ini latihannya di tempat masing-masing.

“Ada yang latihannya di angkatan darat, laut, udara, dan kepolisian. Kemudian, khusus dua ini gabung jadi satu,” ujarnya.

“Kecuali dari Taruna. Taruna Akmil maupun Akpol. Rencananya, hari Selasa baru gabungan semua. Dan itu dilaksanakan sudah di depan Istana,” kata Syafruddin.

4 dari 4 halaman

Simak Video Menarik Terkait Paskibraka Nasional