Studi Terbaru Ungkap, Berciuman Bisa Tularkan Gonore

Mencium lebih banyak pasangan juga menyebabkan risiko infeksi yang jauh lebih tinggi, mereka yang mencium empat atau lebih pasangan memiliki kemungkinan 46 persen lebih besar untuk terinfeksi.

Risiko ini naik menjadi 81 persen jika mereka juga berhubungan seks dengan orang yang mereka cium. Ini menunjukkan peningkatan risiko untuk berhubungan seks (35 persen) lebih kecil dari itu untuk berciuman.

“Sebelumnya, secara umum gonore orofaringeal diasumsikan hanya bisa terkena dari penis atau anus yang terinfeksi, bukan dari [tenggorokan] orang lain,” kata para peneliti.

‘Oleh karena itu, pentingnya orofaring telah diabaikan dalam penularan gonore.

“Hasil kami menunjukkan bahwa berciuman dengan atau tanpa seks dapat menjadi faktor risiko untuk gonore orofaringeal.”

Berbeda dengan temuan tim, situs web NHS mengatakan: ‘Gonore tidak menyebar dengan berciuman, berpelukan, kolam renang, kursi toilet, atau mandi bersama, handuk, cangkir, piring atau peralatan makan.’

Peneliti mengakui penelitian ini baru pada pria homoseksual, sehingga mungkin sulit diterapkan pada populasi yang lebih luas, tetapi wanita juga dapat terkena gonore oral.

Dua wanita di Inggris tahun ini termasuk yang pertama didiagnosis dengan super gonore. Super gonore adalah strain infeksi yang telah berevolusi dengan menolak pengobatan antibiotik. Ini membuat seluruh dunia prihatin.

Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Sexually Transmitted Infections, bagian dari British Medical Journal.