Setiap Hari Minum Kopi, Apa yang Terjadi pada Tubuh?

Bila dikonsumsi secara berlebihan, beberapa individu mungkin akan mengalami efek negatif seperti cemas, panik, sulit tidur, insomnia dam ketergantungan terhadap kafein.

American Heart Association juga mengatakan hal serupa. Individu yang terbiasa mengonsumsi kafein mungkin akan mengalami ‘penarikan kafein’ dalam waktu 12 hingga 24 jam setelah mengonsumsi kafein. Hal ini akan berakhir setelah 24 hingga 48 jam. Gejala yang paling menonjol adalah sakit kepala.

Konsumsi secara berlebihan juga dapat memberikan dampak yang fatal. Sebuah studi menujukkan bahwa konsumsi kafein sebanyak 100 gelas sehari dapat memberikan dampak mematikan. Hal ini kemungkinan berbeda pada tiap orang karena metabolisme yang berbeda pada tiap tubuh.

6. Kolesterol meningkat

Bila Anda khawatir akan tingkat kolestrol maka Anda mungkin dapat memeriksa bagaimana kopi Anda dibuat. Jika Anda menggunakan french press, percolator atau memilih untuk minum espresso maka kopi Anda kemungkinan mengandung kolesterol lebih tinggi dibanding menggunakan kertas saring atau kopi instan. 

7. Tekanan darah meningkat

Kopi dapat menyebabkan tekanan darah. Umumnya peningkatan ini bersifat sementara. Selain itu, hal tersebut tidak memiliki efek jangka panjang.

Penulis: Khairuni Cesario