Sarapan Mengandung Multigrain Ini Amat Baik untuk Kesehatan, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta Sarapan dapat menjadi penentu Anda untuk bisa memulai hari dengan penuh semangat, ya, karena hidangan yang Anda santap pada pagi hari ini berperan penting memberi asupan energi untuk melakukan berbagai aktivitas di pagi hari.

Kandungan gizi baik di sarapan mampu meningkatkan daya konsentrasi dan bahkan dapat mencegah Anda makan makanan berlebih di siang hari.

Ahli Gizi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes. pun ikut menjelaskan betapa pentingnya sarapan makanan padat di pagi hari yang dapat mempengaruhi kinerja tubuh di pagi hari.

“Dengan mengonsumsi makanan saat sarapan, kita bisa merasakan manfaat yang lebih, baik dari sisi fisiologis maupun psikologis, dibandingkan jika hanya mengonsumsi minuman saja. Proses pengolahan makanan berkaitan dengan keterampilan dan kemampuan koordinasi pergerakan motorik kasar di sekitar mulut yang tidak hanya menstimulasi organ pencernaan tetapi juga organ-organ lain termasuk jantung yang bertugas memompa darah. Meningkatnya peredaran darah akan membuat distribusi oksigen dan zat-zat gizi menjadi lebih baik. Dengan demikian kerja otak dan otot akan lebih baik. Karenanya, dengan mengonsumsi makanan, kita tidak hanya bisa mengurangi rasa lapar, juga meningkatkan kemampuan kognitif seperti daya ingat dan fokus,” jelas ahli Gizi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes.

Tapi, dari sekian banyak pilihan sarapan makanan padat, hanya pilih sarapan terbuat dari makanan yang kaya akan gizi serta dapat mengenyangkan, salah satunya adalah dari sumber makanan yang mengandung Multigrain, serat pangan, vitamin, dan mineral.

Multigrain merujuk pada olahan makanan yang mengandung  lebih dari satu jenis gandum atau biji-bijian, meskipun tidak selalu menunjukkan bahwa biji-bijian itu utuh saat dimasak. Olahan produk dengan multigrain begitu menyehatkan dan kaya akan serat.

Ada beberapa macam jenis gandum maupun biji-bijian yang biasa dikombinasikan menjadi olahan dengan multigrain, yang terbaik antara lain adalah:

Jagung

(foto:shutterstock.com)

Jagung kaya akan serat yang mampu membantu proses pencernaan. Menurut penelitian, satu porsi jagung dapat memenuhi kebutuhan 10 persen serat setiap hari. Tak hanya itu, jagung memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh , di antaranya vitamin B kompleks yang mampu menjaga kesehatan syaraf, magnesium, mangan, zat besi, tembaga, seng, dan selenium.

Beras

(foto:shutterstock.com)

Beras atau nasi merupakan sumber karbohidrat utama yang penting sebagai sumber energi tubuh. 100 gram beras setidaknya terdapat 1.527 kJ energi, 80 gram karbohidrat, 0,12 gram gula, 1,3 gram serat, 0,66 gram lemak, 11,61 gram air, dan 7,13 gram protein. Tidak hanya itu, beras juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang berguna untuk tubuh, seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium (potassium), dan zinc.

Gandum utuh

(foto:shutterstock.com)

Gandum utuh merupakan jenis karbohidrat yang dapat memenuhi kebutuhan energi di pagi hari dan kaya akan serat. Bahkan, Anda dijamin bisa kenyang lebih lama jika mengonsumsi gandum utuh ketika sarapan. Makanan dengan gandum utuh di antaranya roti gandum, sereal, dan oatmeal.

Untuk mendapatkan kebaikan ketiga bahan di atas Anda tak perlu mengonsumsi satu per satu, sekarang ada Bubur Sereal Multigrain Nestum yang mengandung kebaikan dari gandum utuh, beras, dan jagung. Nestum lebih kaya serat, mineral, dan vitamin untuk mendukung asupan nutrisi sehari-hari keluarga tercinta.

Semangat menjalani aktivitas juga bertahan lebih lama karena Nestum memberi rasa kenyang lebih lama dan memberi energi yang berkelanjutan. Nestlé NESTUM pun hadir dalam berbagai varian dan rasa yang jauh dari kata membosankan, yaitu Nestlé NESTUM Porridge (rasa Manis dan Original) serta Nestlé NESTUM 3-in-1 (rasa Susu, Susu & Pisang, dan Susu & Coklat).

Untuk menyebarluaskan pesan untuk mengonsumsi makanan di pagi hari, Nestlé NESTUM mengajak masyarakat Indonesia untuk berbagi berbagai menu sarapan praktis yang mengangkat cita rasa nusantara.

Menggandeng Chef Steby Rafael, NESTUM 101 Healthy Bowls memperkenalkan 5 menu kreasi sarapan Nestlé NESTUM yang lezat, sehat, dan praktis untuk dibuat, yaitu Nestlé NESTUM Bubur Ayam Kari, Nestlé NESTUM Uduk, Nestlé NESTUM Ayam Jamur, Nestlé NESTUM Lapis (Parfaits), dan Nestlé NESTUM Panekuk.

Masyarakat luas pun diajak untuk berbagi kreasi sarapan mereka masing-masing agar semakin banyak inspirasi menu sarapan yang bisa dibagikan. Ayo, kunjungi Instagram Nestlé NESTUM (@NestumIndonesia) untuk informasi lebih lanjut mengenai kompetisi NESTUM 101 HEALTHY BOWLS berbagi kreasi sarapan sehat, lezat, dan praktis.

Sambut hari besar dengan penuh semangat tiap hari bersama Nestum!

(Adv)