Saran Koki soal Makanan Tinggi Serat yang Cocok buat Anak

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa makanan tinggi serat yang cocok buat anak. Makanan ini dapat meningkatkan kecukupan serat harian anak.

Berdasarkan angka kecukupan asupan serat dari Kementerian Kesehatan (2013), direkomendasikan anak usia 1-3 tahun untuk mendapatkan 16 gram serat per harinya. Dalam bentuk makanan, 16 gram serat ini setara dengan 2 kg wortel rebus atau 1 kilogram pepaya.

Koki Chef Yuda Bustara berbagi macam-macam menu tinggi serat yang akan disukai oleh anak-anak.

“Untuk meningkatkan asupan serat, ibu dapat menambahkan lebih banyak buah dan sayur ke dalam menu makanan dengan rasa dan tampilan yang tetap menarik dan disukai anak. Mangga termasuk salah satu buah dengan kandungan serat tinggi,” papar Yuda kepada Health Liputan6.com melalui keterangan tertulis, ditulis Jumat (6/9/2019).

Selain itu, kacang-kacangan seperti pine nuts juga mengandung banyak serat. Tak lupa tambahan sayuran seperti bayam ke dalam menu si kecil. Buah dan sayur mengandung lebih banyak serat.

2 dari 3 halaman

Bantu Kinerja Pencernaan

Serat bantu kinerja sistem pencernaan. (iStockphoto)

Kecukupan serat pada anak dinilai penting. Manfaat serat dapat membantu kinerja sistem pencernaan.

Frekuensi buang air besar (BAB) pada anak pun menjadi lebih teratur dan karakteristik tinja lunak. Kondisi ini menandakan pencernaan anak sehat.

“Serat punya banyak fungsi, salah satunya menstimulasi pergerakan usus sehingga mampu mempertahankan frekuensi buang air besar lebih teratur dan konsistensi tinja yang lunak,” tutur konsultan gastrohepatologi anak Frieda Handayani.

Jenis serat seperti FOS dan GOS juga terbukti mendukung berkembangnya bakteri baik dalam saluran pencernaan.

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini: