Salurkan Hak Pilih di Pemilu 2019, Pasien RSJ Bangli Kebingungan

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 28 pasien orang dengan gangguan jiwa di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Bangli, Bali ikut menggunakan hak pilihnya di pemilu 2019.

Direktur Utama RSJ Bangli, I Dewa Gde Basudewa, menjelaskan, secara umum proses pemungutan suara di RSJ Bangli berjalan aman dan lancar.

“Kondisinya bagus, aman sesuai dengan arahan KPU. Mereka terakses semua untuk menggunakan hak pilih. Total yang nyoblos ada 28 dari pemilih suara sekitar 72 sampai 80 orang,” kata Dewa di Bangli, Rabu (17/4/2019).

Dia, menjelaskan, ada perubahan jumlah suara lantaran ada beberapa pasien yang telah pulang dan ada yang baru tiba sehari jelang pencoblosan pemilu 2019.

Hanya saja, secara keseluruhan tak ada kendala berarti pada pencoblosan di RSJ Bangli. Menurut Dewa, seluruh prnghuni RSJ Bangli menggunakan pakaian adat Bali kala menyalurkan hak pilihnya.

“Semua pasien tanpa kendala menyalurkan hak pilihnya, karena memang sejak sepuluh hari lalu mendapat sosialisasi dari KPU. Tapi memang rata-rata kebingungan karena terlalu banyak kartu suara,” katanya.

Dewa mengaku pasien binaannya senang bisa ikut menyalurkan suara pada pemilu 2019.

“Mereka tidak menyebut siapa yang dipilih, rahasia katanya. Tapi mereka senang bisa ikut mencoblos,” tutur Dewa.

(Dewi Divianta)

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini