RS Hasan Sadikin Siapkan Layanan Konseling Kejiwaan untuk Caleg Stres

Liputan6.com, Bandung Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung siap melayani konseling kejiwaan untuk calon legislator (caleg) yang mengalami stres.

Stres yang dialami oleh seseorang dalam mencapai tujuannya bisa dianggap sebagai hal positif (egostres). Namun ada pula yang mengalami kecemasan, depresi dan gaduh, gelisah sehingga diperlukan perawatan (distress).

Kepala kelompok staf medis (KSM) Ilmu Kedokteran Jiwa RSHS Bandung, Veranita Pandia mengatakan, kondisi kategori distres sedang sampai ringan dapat ditangani dengan rawat jalan, berkonsultasi, dan diberikan obat – obatan.

Veranita mengatakan, untuk mengantisipasi banyaknya caleg yang mengalami distres, maka salah satunya dengan mempercepat proses observasi terhadap pasien reguler di RSHS.

“Rawat inap di bagian psiktari itu ada 26 bed, 14 laki- laki dan 12 perempuan. Tapi kita punya ruang observasi biasanya untuk yang akut, itu ada dua bed. Memang kita agak kewalahan di situ biasanya, karena pasien itu datang biasanya dalam kondisi akut. Dan ruang observasi itu hampir selalu penuh. Untuk mengantisipasi kemungkinan – kemungkinan hal ini, ya barangkali kita harus mempercepat proses observasi,” kata Veranita, Bandung, Jumat, 12 April 2019.