Rahasia Hidup Menua Lebih Lama dan Tetap Sehat

Liputan6.com, Jakarta Hidup menua lebih lama dengan sehat bisa saja menjadi harapan setiap orang. Untuk mencapai hal tersebut, Anda bisa meniru pola hidup orang Jepang.

Dokter spesialis penuaan (geriatri) Siti Setiati menyampaikan, kita bisa melihat contoh orang Jepang yang menua dengan sehat. Mereka pun banyak yang hidup lebih lama, bahkan ada yang mencapai usia 100-an tahun.

“Kunci hidup menua lebih lama orang Jepang itu ikigai yang artinya tujuan hidup. Jadi, pikirkanlah apa tujuan hidup Anda,” saran Siti saat ditemui di Kementerian Kesehatan, Jakarta, ditulis Rabu (10/7/2019).

Anda dapat memulai hal-hal kecil. Misalnya, jika Anda suka menulis, maka tulislah hal-hal kecil. Terapkan pola makan yang sehat.

“Konsumsi banyak sayur, serat, dan buah. Kurangi asupan garam,” lanjut Siti.

2 dari 3 halaman

Hidup Harmonis

Para lansia mengantre untuk memeriksa kesehatan saraf saat CFD di Jakarta, Minggu (7/7/2019). Kemenkes bersama Neurobion, produsen vitamin neurotropik dari P&G Health Indonesia memberikan cek kesehatan mengenai risiko neuropati di acara Hari Lanjut Usia Nasional 2019. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kunci ikigai juga terkait menerima diri apa adanya. Dalam hal ini, hindari menyalahkan diri sendiri.

“Jangan menyalahkan diri sendiri. Terima diri sendiri apa adanya,” tambah Siti yang berpraktik di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Perlu juga Anda untuk hidup harmonis. Nikmati hidup Anda sehari-hari. Yang paling utama fokus pada apa yang dikerjakan.

“Anda perlu fokus pada apa yang dikerjakan. Belajarlah menikmati hidup,” tutup Siti.

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini: