Petugas KPPS Meninggal, Pahami Pertolongan Pertama Saat Pingsan

Yang patut diketahui saat pingsan, yakni bukan diberikan minyak gosok atau minum air putih, melainkan pertolongan pertama. Perhatikan napas dan denyut nadi seseorang, apakah masih berdetak atau tidak.

“Jangan dikasih minyak gosok, apalagi minum air putih. Kalau orang yang pingsan itu tidak ada denyutnya, segera beri napas buatan,” lanjut dokter yang berpraktik di Pusat Jantung Nasional RS Harapan Kita Jakarta.

Adapun pertolongan pertama pada orang pingsan karena henti jantung dan tidak sadar yakni dengan memberi napas buatan. Caranya lakukan penekanan di dada dengan kecepatan 100 sampai 120 kali per menit dan kedalaman 6 cm. Lalu berikan bantuan napas sebanyak dua kali.

Jika sudah bernapas kembali, baringkan miring 30-45 derajat, posisi kepala miring, pastikan lidah tidak menghalangi jalur napas dengan menengadahkan kepala. Bawa ke rumah sakit. Cek terus, apakah ia bernapas. Lihat apakah ada gerakan dada dan perut sambil mendekatkan pipi kita di atas hidung atau mulut orang yang bersangkutan.

Rasakan embusan napasnya. Jika tidak ada napas, berikan kembali bantuan napas. Lain halnya, jika orang yang kena serangan jantung masih sadar, minta perhatian pada orang sekitar bahwa ada orang yang kena serangan jantung. Kemudian cari bantuan tenaga medis.