Percantik Kulit dari Dalam, Ini 9 Nutrisi yang Dibutuhkan (1)

Liputan6.com, Jakarta Banyak wanita yang menghabiskan banyak uang untuk mempercantik kulit dengan membeli produk perawatan kulit tapi jangan lupa asupan nutrisi dari dalam juga penting. Makanan yang masuk ke tubuh berpengaruh besar terhadap kecantikan kulti Anda seperti disampaikan pakar nutrisi Mandi Nyambi.

Bagi Anda yang ingin memiliki kulit sehat, pastikan membatasi asupan gula dan minum cukup air putih. Selain itu, pastikan setiap harinya menyantap sekitar 9 nutrisi penting untuk kulit berikut seperti dilansir Daily Mail, Sabtu (10/8/2019).

Vitamin A

Mengonsumsi makanan kaya vitamin A penting untuk menjaga kulit awet muda. Tercukupinya vitamin ini membuat kulit cepat beregenerasi. Selain kulit, cukup vitamin A juga baik untuk kesehatan mata, sistem imunitas tubuh dan sistem reproduksi.

Sumber makanan: ikan, telur, dagin sapi, wortel, dan ubi jalar.

Vitamin B12

Vitamin ini penting untuk membantu metabolisme tubuh sel dan tubuh. Kehadiran vitamin ini juga penting untuk membantu tubuh menyerap protein. Kehadiran vitamin ini menjaga elastisitas tubuh.Sumber makanan: daging merah, telur, dan produk olahan susu.

2 dari 3 halaman

Vitamin C

jeruk/copyright: pexels.com/pixabay

Ini vitamin paling tersohor yang digunakan untuk kesehatan kulit. Makanan yang mengandung vitamin C dikenal baik sebagai sumber antioksidan, yang punya peranan penting dalam memproduksi kolagen. Bila kolagen berkurang maka keriput akan nampak.

Sumber pangan: buah-buahan seperti jeruk, stroberi, blueberi. Selain itu juga ada di bayam, tomat, dan kubis.

Vitamin D

Vitamin D mengatur jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh serta membantu melawan infeksi. Kekuragnan vitamin D menyebabkan nyeri otot dan tulang.Bila tubuh kurang mendapatkan vitamin D makan akan lebih sering berkomedo dan jerawat.

Sumber pangan: makanan diperkaya vitamin D seperti susu, sereal, jus jeruk. Jangan lupa berjemur di bawah pancaran sinar matahari.

Vitamin E

Vitamin E berperan menjaga kesehatan mata dan kulit Anda. Vitamin E kaya antioksidan yang membantu mempercepat pemulihan luka pad atubuh.

Sumber pangan: almond, biji bunga matahari, dan minyak nabati mengandung vitamin E, serta salmon, avokad.

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini: