Penyebab Williams Syndrome, Penyakit Langka yang Diidap Anak Komedian Dede Sunandar

Liputan6.com, Jakarta Anak kedua komedian Dede Sunandar, Ladzan Syafiq Sunandar, didiagnosis penyakit langka Williams Syndrome. Hal ini diketahui saat Dede mengobrol dengan Raffi Ahmad di sebuah talkshow.

“Dia punya penyakit yang beda dari semua orang, nama penyakitnya Williams syndrome. Jadi kayak jantung, paru-paru terus lambung itu ada masalah. Jadi harus dioperasi mau-enggak mau,” kata Dede Sunandar dikutip dari tayangan YouTube Okay Bos seperti ditulis Showbiz-Liputan6.com.

Operasi bakal dilakukan empat tahapan. Yakni 1-3 tahun, 7 tahun, 13 tahun dan 23 tahun. Saat ini usia Ladzan 1 tahun 4 bulan.

Lalu, apa sebenarnya penyakit langka Williams syndrome seperti yang dialami anak Dede Sunandar?

Williams syndrome adalah gangguan genetik langka, anak dengan kondisi ini biasanya memiliki masalah pada jantung, pembuluh darah, ginjal dan organ tubuh lainnya. Anak dengan kondisi ini memiliki kondisi wajah yang unik pada hidung, mulut seperti dikutip Web MD.

Anak dengan Williams syndrom bakal sering menjalani pemeriksaan ke dokter sepanjang hidupnya. Namun, dengan pengobatan yang tepat dia akan tetap sehat dan bersekolah.

Penyebab

Dede Sunandar (Foto: Instagram/@lambe_turah)
Dede Sunandar tampak bahagia atas kelahiran putra keduanya (Foto: Instagram/@lambe_turah)

Williams syndrome muncul karena anak ini lahir tanpa gen tertentu. Sehingga, gejalanya tergantung pada gen yang tidak ada. Misalnya anak yang lahir tanpa gen ELN akan memiliki masalah pada jantung dan pembuluh darah.

Gen-gen tersebut biasanya tidak ada dalam sperma atau sel telur sebelum bertemu kemudian menjadi embrio di dalam kandungan.

Dokter biasanya bisa mendiagnosis kondisi ini sebelum anak berumur 4. Dokter akan melakukan aneka tes dan bertanya tentang riwayat kesehatan keluarga. Dilanjutkan dengan pemeriksaan EKG untuk mengetahui ada tidaknya masalah pada jantung dan pengecekan pada ginjal dan saluran kemih.

Anak dengan Williams syndrome memiliki bentuk wajah yang unik diantaranya:

– Dahi lebar

– Hidung kecil dengan ujung besar

– Mulut lebar dengan bibir penuh

– Dagu kecil

– Gigi kecil-kecil dan berjarak

– Saat dewasa, wajah dan leher panjang

Bayi dengan sindrom ini saat lahir ukurannya kecil. Seiring bertambahnya usia dia mungkin mengalami sulit makan dan berat badan sulit bertambah. Ketika dewasa, tinggi badannya lebih pendek dari kebanyakan orang.

Anak-anak dengan Williams syndrome kadang mudah cemas atau khawatir, tapi mereka juga sangat ramah dan menyenangkah.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

Lanjutkan Membaca ↓