Penyakit Kanker Serviks, Penyebab dan Cara Mencegahnya Sejak Dini

Selain dengan memberikan vaksin HPV, ada beberapa cara untuk mencegah penyakit kanker serviks ini. Berikut cara mencegah kanker serviks yang perlu kamu ketahui:

1. Hindari Merokok

Kamu bisa mengurangi kemungkinan terkena kanker serviks dengan tidak merokok. Ya, dengan tidak merokok kamu bisa mengurangi risiko terkena kanker serviks. Pasalnya, racun rokok bersifat oksidatif sehingga bisa memicu sel kanker muncul dan bertambah ganas.

2. Rutin Melakukan Pemeriksaan Pap Smear

Pap Smear merupakan salah satu cara terbaik sebagai bentuk pertahanan pertama untuk mencegah kanker serviks. Metode screening ini berfungsi untuk mendeteksi sel-sel dalam leher rahim yang berpotensi menjadi kanker nantinya.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, menyarankan untuk melakukan pemeriksaan pap smear pertama kali di usia 21 tahun. Walaupun belum melakukan hubungan seks sekalipun, kamu perlu memeriksakannya segera. Walaupun usia kamu sudah melewati 21 tahun dan belum memeriksakannya, namun belum terlambat untuk melakukan pemeriksaan.

3. Menjaga Kebersihan Vagina

Selain melakukan pap smear, untuk mencegah kanker serviks kamu juga harus menjaga kebersihan vagina terutama saat menstruasi dan keputihan. Menggunakan cairan antiseptik kewanitaan yang mengandung povidone iodine mungkin bisa kamu lakukan untuk menjaga kebersihan vagina, terutama saat menstruasi.

4. Seks yang Aman

Lebih dari 90 persen penderita kanker serviks disebabkan karena terinfeksi virus HPV. Penyebaran virus ini terjadi melalui hubungan seksual yang tidak aman. Namun selain itu, risiko tertular HPV juga meningkat apabila sering bergantian pasangan seksual. Perempuan yang hanya memiliki satu pasangan pun bisa terinfeksi virus ini jika psangannya memiliki banyak pasangan seksual lain.