Penyakit Gondok, Penyebab, Gejala dan Penyembuhannya Sejak Dini

Penyebab penyakit gondok yang paling sering ditemukan di seluruh dunia adalah kurangnya asupan yodium. Namun di beberapa negara maju, penyakit gondok lebih sering disebabkan oleh kekurangan atau kelebihan produksi hormon tiroid.

Penyakit gondok lebih sering diderita oleh wanita, selain itu gondok juga lebih beresiko diidap oleh mereka yang berusia lebih dari 40 tahun.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan pembengkakan pada kelenjar tiroid, di antaranya adalah:

1. Kekurangan Yodium

Yodium sendiri berperan besar dalam menjaga kesehatan dan produksi hormon tiroid. Di negara berkembang, terutama pada populasi yang tinggal jauh dari air laut atau ketinggian cenderung mengalami kekurangan yodium dan mengalami pembesaran tiroid.

Kekurangan yodium pada tahap awal dapat diperburuk dengan mengonsumsi makanan yang dapat menghambat hormon tiroid, seperti selada, brokoli, dan kembang kol.

2. Penyakit Graves

Penyakit Graves merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya gangguan sistem kekebalan tubuh. Di mana antibodi yang diproduksi oleh tubuh menyerang kelenjar tiroid sehingga menyebabkan kelebihan produksi tiroksin dan berujung dengan penyakit gondok.

3. Penyakit Hashimoto

Penyakit Hashimoto merupakan kebalikan dari penyakit Graves. Di mana penyakit auto-imun menyerang kelenjar tiroid dan menurunkan produksi tiroksin. Kemudian hal ini berdampak pada kesehatan kelenjar pituitari dan merangsang tiroid lebih banyak yang menyebabkan kelenjar membesar.

4. Gondok Multinodular

Gondok Multinodular merupakan keadaan di mana banyaknya benjolan padat atau yang berisi cairan di kedua sisi kelenjar tiroid. Hal ini mampu mempengaruhi kelenjar tiroid dan menyebabkannya membengkak.

5. Gondok Solitarynodular

Gondok Solitarynodular adalah benjolan tunggal berkembang di bagian kelenjar tiroid dan menyebabkan pertumbuhan abnormal dari kelenjar tiroid.

6. Perubahan hormon

Produksi HCG (Human Chorionic Gonadotropin) pada masa pubertas, kehamilan atau menopause dapat menyebabkan sedikit pembesaran kelenjar tiroid.

7. Peradangan

Tiroiditis merupakan kondisi peradangan pada tiroid yang dapat menyebabkan nyeri dan pembengkakan. Hal ini juga dapat menyebabkan kelebihan atau kekurangan produksi tiroksin.

8. Paparan radiasi

Paparan radiasi pada leher dan kepala dari perawatan medis juga mampu meningkatkan risiko penyakit gondok.