Paskibraka Berhijab Batal Bercelana Panjang, Kemenpora: Rok Simbol Feminitas

Liputan6.com, Jakarta – Anggota Paskibraka Nasional 2019 yang berhijab batal bercelana panjang, dan tetap mengenakan rok saat bertugas pada HUT ke-74 RI di Istana Merdeka.

Penampilan mereka dengan rok sudah terlihat saat seluruh Paskibraka dari 34 provinsi akan melaksanakan pengukuhan di Istana Merdeka, Kamis, 15 Agustus 2019.

Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga, Dr H M Asrorun Ni’am Sholeh MA yang datang pada pengukuhan Paskibraka Nasional 2019 angkat bicara soal hal tersebut.

“Peraturannya itu kan untuk membuka ruang kemungkinan bagi anggota perempuan bercelana,” kata Asrorun kepada Diary Paskibraka Liputan6.com di Istana Negara pada Kamis, 15 Agustus 2019.

Menurut Asrorun, pembatalan Paskibraka Nasional 2019 berhijabĀ memakai celana panjang untuk mengaminkan sejumlah masukan dari masyarakat. Meski begitu, lanjut Asrorun, pihaknya tetap memerhatikan sejumlah unsur, khususnya terkait dengan aurat.

“Di samping pakai rok lima sentimeter di bawah lutut, kita pakaikanĀ leggings juga. Ini untuk mengakomidasi seluruh masukan dari masyarakat,” kata Asrorun.

“Rok tetap dalam kondisi keagungan, dan simbol dari feminitas. Ini yang publik sampaikan,” katanya.

Satu yang pasti, lanjut Asrorun, Kemenpora memastikan bahwa pelaksanaan upacara HUT ke-74 RI berjalan khidmat, khusyuk, dan tetap di dalam posisi kesakralan kegiatan Paskibraka.

2 dari 2 halaman

Simak Video Menarik Terkait Paskibraka Nasional