Menkes Nila: Rumah Berdaya Bukti ODGJ Bukan Orang Terbuang

Liputan6.com, Denpasar Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek memuji kehadiran tempat rehabilitasi psikososial bagi orang dengan skizofrenia ataupun orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang bernama Rumah Berdaya di Bali.

Di Rumah Berdaya, para orang dengan gangguan jiwa didampingi oleh dokter spesialis kesehatan jiwa serta mentor. Dengan pendampingan tersebut, ODGJ khususnya orang dengan skizofrenia bisa mengembangkan diri. Misalnya dengan membuatĀ produk dan karya seni. Sehingga di Rumah Berdaya, mereka yang tengah berjuang dengan masalah jiwa bisa berkarya.

“Dulu, seseorang yang memiliki masalah kejiwaan sering terbuang, bahkan ada keluarga yang memasung. Namun, Rumah Berdaya ini adalah solusi, terobosan luar biasa,” kata Nila saat mengunjungi Rumah Berdaya di Denpasar, Bali pada Rabu (24/4/2019).

Orang-orang dengan masalah kejiwaan di Rumah Berdaya ini diajak untuk berkreasi. Meluapkan emosi atau perasaan di dalam dirinya lewat karya.

“Orang dengan gangguan jiwa ini diberdayakan. Mereka di sini disibukkan dengan kegiatan positif yang bisa menimbulkan kepercayaan diri kembali,” kata Nila.