Menkes Nila Moeloek: Indonesia Sambut Baik Tema WHA-72

Namun, menurut Nila, meski prestasi atas pelayanan kesehatan pada program JKN telah terbukti baik, tetap ada tantangan yang perlu dihadapi. Oleh karena itu, Nila menegaskan perlunya kerja keras serta memperkuat sinergi antara pemerintah pusat dan daerah. Tak hanya itu, Nila juga menekankan pentingnya kerja sama dengan pihak lain guna menjamin kualitas pelayanan kesehatan dan kontrol biaya serta kualitas tenaga kerja kesehatan. 

“Oleh karena itu, kami telah memperkuat sistem rujukan melalui akreditasi. Saat ini, dari 9.983 PUskesmas, 7.508 telah terakreditasi. Sementara dari 2.818 RS, 2.004 telah terakreditasi,” ungkap Nila.

Untuk pemerataan pelayanan kesehatan di daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK), pemerintah Indonesia terus meningkatkan program Nusantara Sehat (NS) dan program Wajib Kerja Dokter Spesialis (WKDS). Sejak 2015, pemerintah Indonesia telah mengirimkan 7.377 tenaga Nusantara Sehat di 1.661 Puskesmas di DTPK. Selain itu, sejak 2016, pemerintah telah mengerahkan 2,039 dokter spesialis di 631 rumah sakit di Indonesia.