Mengenang BJ Habibie: Saya Tidak Merasa Lebih Pintar

Liputan6.com, Jakarta Semasa hidup, BJ Habibie dikenal sebagai salah satu orang cerdas dan pintar di Indonesia. Sejak kecil, rupanya dia memang memiliki rasa ingin tahu yang besar. Ditambah lagi ia gemar membaca buku yang membuat pengetahuannya luas.

BJ Habibie kecil tidak merasa sebagai sosok yang sepintar itu. Meski begitu dia juga tidak merasa bodoh.

“Saya tidak merasa lebih pintar, tapi juga tidak merasa lebih bodoh, tidak pernah merasa iri dan juga tidak pernah mengganggu,” kata Habibie saat ditanya tentang dirinya di masa kecil.

Pria kelahiran Parepare 25 Juni 1936 ini sejak kecil juga dikenal sebagai sosok yang optimistis. Dia tidak ambil pusing akan hal-hal yang terjadi di luarnya. Dirinya juga tidak pernah merasa iri dan mengganggu orang lain semasa kecil.

“I’m sweet boy, not a problem maker child,” tutur Habibie dikutip dari buku Biografri Bacharuddin Jusuf Habibie ditulis A Makmur Makka.

2 dari 3 halaman

Anak Rumahan

BJ. Habibie (Nurwahyunan/Bintang.com)

Anak keempat dari delapan bersaudara ini sejak kecil memang sudah terlihat berbeda dari saudara-saudaranya. Habibie kecil lebih suka berada di rumah sampai-sampai kakak tertua, Titi Sri Sulaksmi (dikenal dengan Ny Subono Mantofani), membujuk adiknya pergi keluar rumah.

Habibie kecil baru bermain ketika sudah menyelesaikan pekerjaan rumah. Pilihan mainannya adalah Blokken, ia akan memuat kapal terbang. Sejak kecil memang itulah kesukaannya seperti disampaikan Titi.

Meski begitu, dia juga bermain di luar rumah. Semasa kecil dia juga suka main layang-layang, gundu, dan logo.

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini: