Mengenal Gejala Awal Cacar Monyet

Terkait penyebaran penyakit ini, Direktur eksekutif National Centre for Infectious Diseases (NCID), Leo Yee Sin dilansir dari Channel News Asia mengatakan penyakit itu memiliki risiko yang rendah untuk menyebar di Singapura.

“Tidak ada bukti bahwa penularan dari manusia ke manusia saja dapat menyebabkan infeksi monkeypox pada manusia,” kata Leo.

Dia menyebut bahwa rata-rata setiap orang yang terinfeksi menularkan virus kepada kurang dari satu orang lainnya. Penyakit ini disebut lebih tidak menular dibanding flu biasa. Rantai penularan penyakit ini juga diapat dihentikan dengan melakukan karantina pada mereka yang sempat melakukan kontak dekat dengan penderita.

Kementerian Kesehatan (MOH) Singapura menyebut bahwa penyakit ini biasanya sembuh sendiri. Sebagian besar pasien akan sembuh dalam jangka waktu dua hingga tiga minggu.

Untuk mencegah agar tak tertular penyakit ini, sebaiknya kurangi kontak dengan primata serta batasi paparan langsung terhadap darah serta daging yang dimasak tak layak. Kontak fisik dengan orang yang terinfeksi juga sebaiknya dihindari.

Penulis: Rizky Wahyu Permana/Merdeka.com