Memenuhi Nutrisi Ibu Hamil yang Juga Masih Menyusui

Liputan6.com, Jakarta Setiap ibu memiliki keputusan yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya mungkin harus menjalani kehamilan kedua tatkala anak pertamanya masih membutuhkan asupan ASI.

Namun, ibu hamil yang menyusui tak perlu khawatir. Saat mengalaminya, Anda pun tetap dapat menjalani kehamilannya dengan sehat, sembari memberikan nutrisi terbaik bagi balita lewat ASI.

Salah satunya adalah dengan mencukupi nutrisi sang ibu. Memastikan asupan makanan ibu bernutrisi lengkap dan cukup jumlahnya, adalah kunci utama untuk memastikan seluruh proses dijalani dengan baik.

Yuk, ketahui nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh ibu hamil yang menyusui lewat penjelasan di bawah ini.

Tips untuk pemenuhan gizi ibu hamil saat harus menyusuiBila ibu tidak yakin dengan variasi makanan yang dikonsumsi, salah satu trik yang bisa dilakukan adalah dengan menambah suplementasi makanan. Hal ini untuk memastikan ibu tidak kekurangan berbagai nutrisi mikro (vitamin dan mineral).

Suplementasi bisa dicapai dengan obat maupun lewat susu kehamilan. Konsultasikan terlebih dahulu mengenai keputusan Anda mengonsumsi suplemen makanan dengan dokter.

2 dari 3 halaman

Sebuah Catatan

Perlu menjadi catatan, ibu hamil yang menyusui tidak perlu mengonsumsi suplemen yang terlalu berlebihan, asalkan sudah menambah asupan kalori sesuai ketentuan di atas, dan mengonsumsi beraneka ragam makanan. Dengan demikian, kecukupan nutrisi janin dan bayi yang masih membutuhkan ASI pun terpenuhi juga.

Selain itu, faktor-faktor yang dapat memengaruhi kondisi kehamilan dan menyusui seperti stres, kecemasan, dan gaya hidup yang kurang sehat seperti merokok sebaiknya juga dihindari. Sebab, berbagai hal tersebut bisa mengurangi produksi ASI dan memberikan efek buruk terhadap janin.

3 dari 3 halaman

Periksa Kondisi

Jangan lupa untuk terus memeriksakan kondisi kehamilan secara teratur pada dokter untuk memantau perkembangan kesehatan ibu dan janin. Begitu pula untuk si Kecil yang masih mengonsumsi ASI, pastikan pertumbuhan berat badannya berlangsung baik dengan melakukan kontrol rutin pada dokter anak kepercayaan Anda.

Jadi ibu hamil yang sedang menyusui tak perlu lagi khawatir mengenai kebutuhan nutrisi. Dua peran penting yang sangat berat ini pasti bisa dijalani oleh ibu dengan persiapan yang matang dan baik. Jadi, tak perlu cemas berlebihan, ya. Selamat menjalani masa kehamilan dan menyusui!

Penulis : Dr Atika / Klik Dokter