Manfaat Meditasi Seksual, Salah Satunya Meningkatkan Gairah Pasutri

Liputan6.com, Jakarta Seperti yang diketahui meditasi berfungsi untuk kesehatan tubuh dan juga mental. Tapi, rupanya meditasi juga bisa digunakan untuk meningkatkan gairah seksual. Beberapa penelitian mendukung pernyataan tersebut. 

Meditasi dapat meningkat rasa percaya diri sehingga berpengaruh pada performa dan kepuasan pasutri di ranjang. 

“Meditasi pada dasarnya adalah kemampuan untuk memusatkan perhatian, konsentrasi, dan pikiran kita pada apa pun obyek meditasi yang dipilih dan seks yang hebat akan tertanam di kepala Anda,” kata Cheryl Fraser, seorang psikologi klinis, terapis seks dan penulis Buddha’s Bedroom.

Meditasi seks pada dasarnya merujuk pada perhatian seseorang. Namun pada konteks ini praktik seks yang menjadi pusat perhatiannya. Tentunya cara ini memiliki manfaat besar bagi kehidupan seks Anda. Berikut lima manfaat terbesar dari meditasi seksual, seperti yang dilansir dari Prevention.

1. Mengurangi stres sehingga bercinta jadi lebih menyenangkan

“Seks sangat membuat stres pada banyak orang. Hal ini terjadi ketika Anda memiliki kesulitan seksual, seperti rasa sakit saat bercinta, atau masalah komunikasi dengan pasangan di ranjang,” jelas Brotto, direktur Laboratorium Kesehtan Seksual Universitas British Columbia.

Ia juga menambahkan, selama berhubungan seks, segala macam kekhawatiran dan kesenangan dapat memicu stres dan itu tercermin dalam sistem respons stres dalam tubuh. Ketika respons itu muncul mengakibatkan individu sulit untuk merasa terangsang.

Meditasi secara alami dapat mengurangi rasa stres, karena membantu mengaktifkan sistem saraf parasimpatis Anda, yang dapat bertanggung jawab terhadap respons stres.

2 dari 3 halaman

Meningkatkan gairah seks

2. Mengajarkan untuk fokus

“Fokus merenungkan apa yang Anda lakukan, membuat indra Anda terjaga. Dengan mempelajari cara mengasah dan ciuman, sentuhan atau lainya, sensasi ini dapat membuat Anda lebih hadir,” jelas Freaser.

Menurut Freaser, manfaat fokus saat bercinta menjadikan hubungan Anda dengan pasangan menjadi lebih baik, lebih panas, lebih sensual. Rangsang pasangan dengan dengan elusan dan sentuhan di kaki atau leher. Ini akan membuat sesi bercinta lebihi intens.

3. Meningkatkan gairah seksual

Penelitian menemukan bahwa latihan meditasi dapat membantu meningkatkan hasrat seksual dan seberapa besar keinginan Anda untuk berhubungan seks.

“Anda lebih mungkin untuk memulai jika Anda berlatih meditasi dan menerapkannya pada kehidupan seks Anda,” kata Fraser.

3 dari 3 halaman

Menyegarkan hubungan seks

4. Mempererat ikatan dengan pasangan 

Ketika Anda begitu menikmati hubungan seks dengan pasangan, hal tersebut memungkinkan Anda terhubung dengannya secara lebih dekat. Menjadikan hubungan seks Anda lebih bermakna.

5. Seks akan terasa segar

Dengan melatih pikiran dengan meditasi saat berhubungan seks dan memusatkan perhatian terhadap aktivitas yang Anda berdua lakukan, maka akan menciptakan kembali perasaan seperti berbulan madu, yang mungkin tidak Anda raskan untuk sementara waktu. Hal iitu akan menyegarkan kembali kehidupan seks pasutri.

Penulis : Eflien Anggelien