Manfaat Hebat Rutin Jalani Meditasi

Liputan6.com, Jakarta Orang yang sering meditasi lebih tenang dalam menjalani kehidupan. Malah, meditasi juga memiliki pengaruh baik pada penyanyi legendaris Indonesia, Titiek Puspa (81). Aktivitas ini turut membantunya sembuh dari kanker serviks stadium 3.

Pasangan suami istri Kerajaan Inggris Pangeran Harry dan Meghan Markle pun rutin meditasi. Berawal dari sang istri yang rajin bermeditasi Pangeran Harry akhirnya mengikuti jejaknya. Bagi Meghan, meditasi adalah kunci kebahagiaan dalam hidupnya sebab tidak mudah menjalani hidup sebagai anggota Kerajaan Inggris.

Salah satu manfaat meditasi memang meningkatkan rasa bahagia pada diri seseorang. Saat menjalani meditasi, kadar hormon serotonin dalam tubuh yang menimbulkan perasaan nyaman dan juga senang. Selain itu dengan bermeditasi dapat menurunkan tekanan darah dan bahkan dapat mengurangi rasa sakit pada penderita penyakit kronis seperti dilansir laman Health, Jumat (12/7/2019).

Tak cuma itu, masih banyak manfaat lain meditasi bagi tubuh. Yakni:

2 dari 3 halaman

1. Kendalikan rasa lapar

Ilustrasi makan (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Dalam studi yang diterbitkan dalam Journal of Behavioral Medicine, terungkap bahwa meditasi mampu membuat seseorang lebih mampu mengontrol rasa lapar. 

“Meditasi, mindfulness mengajak kita untuk mengetahui keinginan yang sebenarnya. Apakah benar-benar lapar atau tidak,” kata psikiatri Judson Brewer seperti mengutip Prevention.

2. Maksimalkan kerja otak

Meditasi berbasis kesadaran membantu memaksimalkan kerj aotak. Dalam penelitian yang diterbitkan Psychological Science menyimpulkan bahwa pelatihan mindfulness selama dua minggu meningkatkan skor pemahaman membaca dari peserta dibandingkan dengan kelompok kontrol.

3. Memperlambat penuaan

“Stres yang tidak dikelola merupakan aspek yang membuat penuaan datang lebih cepat,” kata dokter Mike Roizen dari Cleveland Clinic.

Kondisi itu meningkatkan Anda terkena serangan jantung, kanker, stroke dan penyakit lainnya. Namun, dari studi di 2016 membuktikan manfaat meditasi mampu memperlambat penuaan dalam tubuh.

Sementara alasan pasti mengapa tidak jelas, “Namun, dari penelitian ini mengungkapkan meditasi bekerja melalui pengurangan efek penuaan akibat stres,” kata Roizen.

 Penulis : Eflien Anggelien

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut