Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil, Baik Bagi Perkembangan Janin

Ternyata bagi ibu hamil, buah mangga dapat memberikan banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat buah bangga untuk ibu hamil.

1. Mendukung perkembangan janin

Manfaat buah mangga untuk ibu hamil yang pertama adalah membantu perkembangan janin dalam kandungan. Manfaat ini dapat dirasakan karena dalam kandungan buah mangga terdapat asam folat yang baik untuk pembentukan otak serta sum – sum tulang belakang janin. Selain itu dapat mencegah janin lahir prematur atau cacat saat lahir.

Vitamin A dalam buah mangga juga membantu pembentukan tulang, gigi, sistem mata, sistem jantung, paru – paru dan ginjal si bayi.

2. Mencegah anemia bagi ibu

Ibu yang sedang hamil yang mengonsumsi buah mangga akan bermanfaat untuk menjaga ketersediaan darah pada tubuhnya. Vitamin C dan zat besi yang terkandung berperan penting dalam pencegahan anemia.

Manfaat buah mangga bagi ibu hamil ini dapat membantu mencegah anemia selama mengandung maupun saat menjalani proses persalinan.

3. Mencegah gejala morning sickness

Morning sickness seperti perasaan mual saat pagi hari dapat dikurangi dengan mengonsumsi buah mangga. Vitamin B6 di dalam buah mangga ini yang membantu mengurangi gejala mual dan muntah – muntah akibat morning sickness.

4. Menyeimbangkan cairan tubuh

Saat hamil, seorang ibu akan membutuhkan cairan tubuh yang lebih banyak dari biasanya. Ibu yang sedang hamil akan rentan untuk mengalami dehidrasi. Nah, manfaat buah mangga bagi ibu hamil adalah dapat membantu menyeimbangkan cairan tubuh.

Kandungan eketrolit pada buah mangga dapat menjaga keseimbangan cairan pada tubuh sehingga kerja otak, jantung dan otot dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Walaupun banyak memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh bahkan saat kondisi hamil, mengonsumsi buah mangga disarankan jangan berlebihan. Hal ini karena buah mangga cukup banyak mengandung gula yang bisa meningkatkan resiko diabetes.

Selain itu bagi yang tak kuat dengan getah pada kulit mangga dapat mengakibatkan diare dan perut terasa mulas. Jadi sebaiknya, konsumsi buah manga dengan kadar secukupnya dan sewajarnya.