Mandi Tetap Pakai Lensa Kontak, Pria Ini Buta Sebelah

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria asal Inggris, Nick Humphreys, terkena infeksi mata serius yang membuat salah satu matanya buta. Hal ini terjadi karena ia tetap memakai lensa kontak (soft lens) ketika mandi.

Pria 29 tahun itu tidak mengetahui bahwa mandi menggunakan lensa kontak dapat meningkatkan risiko infeksi mata. Pada tahun 2018, ia tertular Acanthamoeba keratitis, infeksi parasit langka pada kornea mata seperti dilansir Live Science, Jumat (12/7/2019).

Nick mulai menggunakan lensa kontak pada 2013. Dia biasa menggunakan lensa kontak saat berolahraga. Sayangnya, dia tidak mengetahui risiko-risiko dari lensa kontak. Alhasil, dia sering mandi dengan lensa kontak setelah olahraga pagi.

“Jika saya tahu betapa berbahayanya menggunakan lensa kontak ketika mandi, saya mungkin tidak akan menggunakannya sejak awal,” kata Nick.

“Saya tidak memikirkan hal itu. Saya tidak pernah diberitahu untuk tidak memakai lensa kontak ketika mandi. Tidak ada peringatan pada kemasan dan ahli kacamata juga tidak pernah menyebut risikonya,” tambahnya.

2 dari 3 halaman

Buta

Doc: PA Real Life

Setelah didiagnosis menderita Acanthamoeba keratitis pada 2018, ia diberikan obat tetes mata untuk mengatasi infeksi. Namun, beberapa bulan kemudian mata kanannya menjadi buta. Akhirnya dia diberikan obat yang lebih kuat yang perlu dioleskan ke matanya setiap jam, bahkan di malam hari.

Rasa sakit pada mata membuatnya tidak dapat beraktivitas seperti biasa dan harus tinggal di rumah kecuali ketika berobat ke rumah sakit.

“Rasa sakit di mata saya terlalu parah dan saya hanya keluar ketika mengunjungi rumah sakit,” tutur Nick.

Dia kemudian akan menjalani dua operasi di mata kanannya, yang pertama untuk memperkuat jaringan kornea dan yang kedua untuk melindungi kornea dengan cangkok jaringan. Meskipun infeksinya sembuh, Nick tetap buta pada mata kanannya.

Pada bulan Agustus Nick akan menjalani transplantasi kornea dimana operasi tersebut menggantikan jaringan kornea yang rusak dengan jaringan kornea sehat dari donor yang telah meninggal.

Sekarang, Nick bekerja sama dengan badan amal Fight for Sight untuk meningkatkan kesadaran tentang risiko mandi atau berenang dengan lensa kontak.

“Sangat penting orang-orang untuk mengetahui risiko tersebut dan hal itu bisa terjadi karena hal sederhana seperti mandi,” tutup Nick.

Penulis: Febrianingsih Alamako

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini: