Makan Daun Pepaya Bikin ASI Melimpah, Fakta atau Mitos?

Liputan6.com, Jakarta Setiap ibu yang baru melahirkan pasti menginginkan produksi air susu ibu (ASI) melimpah. Selain daun katuk, daun pepaya katanya juga meningkatkan produksi ASI, benarkah?

Menurut dr. Nabila Viera Yovita dari KlikDokter, kabar angin tentang daun pepaya bisa meningkatkan produksi ASI ternyata bukan sekadar isapan jempol belaka.

“Ekstrak daun pepaya sudah lama dan melalui beberapa penelitian memang bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI. Itu sudah terbukti,” ujar Nabila.

Namun, tidak semua ibu suka daun pepaya. Rasa pahit dari daun ini membuat banyak orang tidak menyukainya. Nah, Anda bisa memilih produk olahan susu kacang kedelai supaya bisa menghasilkan ASI yang melimpah.

Konsumsi Daun Katuk dapat Memperlancar Produksi ASI?

Soal daun katuk, itu juga sudah terbukti bisa mendongkrak produksi ASI. Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, daun katuk adalah ASI booster yang telah lama dipercaya dan terkenal di kalangan masyarakat luas.

Penelitian yang dilakukan di Yogyakarta bahkan menyebut bahwa ibu yang diberi ekstrak daun katuk dengan dosis 3 kali sehari sebanyak 300 miligram selama 15 hari mengalami peningkatan produksi ASI hingga 50 persen pada hari kedua dan ketiga.

Satu hal yang perlu diingat, apapun jenis ASI booster yang dipilih, Anda harus benar-benar memperhatikan dosisnya. Jadi, jika memilih daun pepaya atau daun katuk, Anda diwajibkan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Penulis:  Krisna Octavianus Dwiputra/Klikdokter.com