Lokasi Lari Nyaman di Atas Trotoar Sekitar Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Trotoar tak hanya untuk berjalan kaki, melainkan juga bisa digunakan untuk aktivitas lain seperti lari. Namun, aktivitas ini tak dilakukan di sembarang trotoar yang ada di jalan raya.

Co-Founder Komunitas IndoRunners Maylaffayza mengatakan, berlari di trotoar lebih aman ketimbang di pinggir jalan. Wanita itu juga menyebut beberapa trotoar yang nyaman buat berlari.

“Kalau lari di trotoar lebih aman daripada lari di pinggir jalan. Yang nyaman lari di trotoar kawasan SCBD,” ungkap Fayza, panggilan akrabnya saat ditemui di Kantor Facebook Indonesia, Gedung Capital Place, Jakarta, Selasa, 26 Maret 2019.

Fayza melanjutkan, “Sekarang ini juga teman-teman pelari lain jadi suka lari di trotoar Jalan Sudirman. Karena trotoarnya sudah rapi sekali.”

Meski demikian, tetap ada tantangan yang dihadapi oleh para pelari ketika akan menggunakan trotoar sebagai track. Belum semua trotoar di Jakarta telah dipugar, masih banyak area untuk pejalan kaki ini yang rusak. Perlu berhati-hati memilih trotoar untuk berlari.

Fioney Sofyan dari Komunitas IndoRunners menambahkan, lokasi trotoar di area sekitar Gelora Bung Karno (GBK) juga nyaman untuk berlari.

“Itu (trotoar) membal dan enak banget buat kaki. Sebenarnya, kalau lari di aspal kurang bersahabat buat kaki,” tambahnya.