Kenangan Berkunjung ke Perpustakaan Habibie dan Ainun

Liputan6.com, Jakarta Sudah bukan rahasia lagi bila BJ Habibie begitu gemar membaca buku. Kebiasaan ini dikenalkan oleh sang ayah Alwi Abdul Djalil Habibie sejak kecil.

Bermacam-macan jenis buku BJ Habibie lahap, mulai dari ensklopedia hingga buku cerita. Namun, bagi Habibie kecil buku yang paling berkesan dan menjadi favoritnya adalah Mengelilingi Dunia Dalam 80 Hari karya Jules Verne.

Kecintaan Habibie pada buku pun tetap hadir hingga ia besar dan dewasa. Pasangan hidupnya, Hasri Ainun Besari pun memiliki hobi yang sama. Kecintaan mereka terhadap buku diwujudkan dalam sebuah Perpustakaan Habibie dan Ainun yang terletak di rumah mereka di Patra Kuningan Jakarta.

Liputan6.com berkesempatan mengunjungi perpustakaan ini pada Mei 2016. Saat itu, Habibie bersama Polux Habibie International sedang menggelar konferensi pers program CSR ‘Sepuluh Ribu Mata’.

Indah dan nyaman. Itu kesan pertama saat masuk ke ruangan tersebut. Perpustakaan tersebut didominasi kayu cokelat serta warna emas pada bagian tangga.

Banyak lampu menyorot ribuan buku yang ada di sana. Ditambah chandelier yang menggantung di tengah-tengah plafon membuat suasana Perpustakaan Habibie dan Ainun terasa begitu klasik.

Perpustakaan Habibie dan Ainun (Foto: Benedikta Desideria/Liputan6.com)
Perpustakaan Habibie dan Ainun (Foto: Benedikta Desideria/Liputan6.com)

Rupanya, desain perpustakaan ini dibuat langsung oleh Ainun. “Di ruangan indah yang ia rencanakan dengan rinci ini,” kata Habibie menceritakan sedikit soal perpustakaan itu saat konferensi pers acara tersebut. 

Di dalam perpustakaan itu, buku-buku rapi tertata di dalam rak. Koleksi buku ada beragam, yang sempat penulis lihat adalah buku biografi tokoh dunia, buku kain tradisional juga beberapa karya puisi beberapa penyair legendaris juga ada.

Terlihat juga saat itu, foto Habibie dan Ainun terpasang indah di sana.

Saksikan juga video menarik berikut

Lanjutkan Membaca ↓