Kenali Penyakit Tiroid yang Sempat Diidap Rachel Amanda, Perlu Diwaspadai

2. Hipotiroid

Berbeda dengan hipertiroid, pada hipotiroid justru kinerja dari kelenjar tiroid ini tidak bekerja secara maksimal sehingga hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid pun sangat sedikit. Gejala dari hipotiroid ini pun tidak berkembang secara cepat, bahkan bisa mencapai hitungan tahun.

Selain itu, gejala yang ditimbulkan oleh penyakit hipotiroid ini pun cukup beragam. Gejala terkena hipotirooid tidak terlalu signifikan, bahkan mungkin kamu tidak menyadarinya.

Gejala sederhana dari hipotiroid ialah kamu akan mengalami kelelahan dan juga kenaikan berat badan serta metabolisme tubuh akan menurun. Namun bila kamu tidak menyadarinya, maka gejala dari hipotiroid lainnya pun akan muncul.

Seperti kamu akan lebih sensitif pada udara dingin, kulit kering, suara akan menjadi serak, serta wajah yang membengkak. Selain itu kadar kolesterol pada tubuh pun akan meningkat, nyeri dan juga kaku sendi, periode menstruasi yang tidak teratur bahkan cenderung lebih berat. Pada jantung nantinya kamu akan mengalami pelemahan denyut jantung.

Tentu saja bila kamu tidak segera melakukan pengobatan, maka gejala dari hipotiroid pun akan semakin parah. Bahkan jika kamu terkesan membiarkan penyakit tiroid satu ini, nyawamu pun akan terancam.