Kenali 8 Tanda Awal Demensia

Liputan6.com, Jakarta Lupa menaruh dompet atau melupakan nama teman anak Anda adalah hal yang wajar. Namun, beberapa hal lain dapat menandakan kondisi kronik yang dinamakan demensia.

“Individu dewasa seringkali melaporkan kesulitan dengan memori jangka pendek seperti mengingat nama yang baru diketahui atau alasan mereka masuk ke sebuah ruangan. Tapi individu yang sehat biasanya dapat mengingat kembali hal tersebut,” ungkap dr Babak Tousi dari Klinik Lou Ruvo Center untuk kesehatan otak di Ohio, AS.

Dokter Babak Tousi menjelaskan bahwa demensia disebabkan oleh kerusakan sel otak yang menyebabkan kesulitan berkomunikasi dengan orang lain. Tidak ada obat yang dapat menyembuhkan kondisi ini. Namun, ada beberapa obat yang dapat membantu kondisi ini.

Melansir laman Health, inilah beberapa gejala awal yang biasanya muncul pada demensia:

1. Kehilangan memori

Pada awalnya, memori jangka pendek seseorang akan mulai menurun. Seseorang dengan demensia mungkin akan memiliki masalah dalam mengingat peristiwa yang baru terjadi seperti percakapan atau pertemuan yang baru dilakukan. Selanjutnya, saat penyakit semakin parah, memori jangka panjang juga akan memudar bahkan akan sangat sulit untuk mengingatnya.