Kemenkes Minta Dinkes Siaga Hadapi Cacar Monyet

Penularan cacar monyet ke manusia biasanya karena mengonsumsi daging binatang yang sudah terkontaminasi dengan virus tersebut. Namun, penularan dari manusia ke manusia, kata Anung, sangat jarang terjadi.

Gejala cacar monyet yakni timbul demam, sakit kepala hebat, limfadenopati (pembesaran kelenjar getah bening), nyeri punggung, nyeri otot dan lemas.

Lalu, ruam pada kulit muncul pada wajah kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya. Ruam ini berkembang mulai dari bintik merah seperti cacar (makulopapula), lepuh berisi cairan bening, lepuh berisi nanah, kemudian mengeras. Biasanya diperlukan waktu hingga 3 minggu sampai ruam tersebut menghilang.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan Singapura pada 9 Mei 2019 menyebutkan telah terjadi satu kasus konfirmasi cacar monyet pertama di Singapura. Kasus itu menimpa warga negara Nigeria. Dia berkunjung ke Singapura pada 28 April 2019 lalu dinyatakan positif terinfeksi virus monkeypox pada 8 Mei 2019. Dia dan 23 orang yang kontak erat dengannya telah dikarantina.