Intip, 3 Posisi Seks Aman Bagi Ibu Hamil

Liputan6.com, Jakarta Kehamilan bukanlah penghalang bagi pasangan suami istri (pasutri) untuk melakukan hubungan seksual. Dengan memilih posisi seks yang aman, pasutri tetap bisa menikmati sesi intim tersebut. 

“Umumnya, aktivitas seksual saat kehamilan dalam keadaan normal tidak berbahaya dan tidak memberikan risiko tertentu,” kata dokter Joshua Klein.

Tidak hanya aman, hubungan seksual saat kehamilan terjadi juga merupakan cara ideal bagi calon orang tua untuk mempererat ikatan. Menurut Terapis Rose Hartzell, kehamilan biasanya merupakan waktu emosional bagi pasangan terutama kehamilan anak pertama.

“Hubungan seks saat hamil dapat menjadi sumber bagi pasangan untuk saling memuaskan satu sama lain,” kata Hartzell.

Kehamilan juga merupakan kesempatan terakhir bagi pasangan untuk fokus pada satu sama lain tanpa larangan. Jadi, nikmati sesi bercinta saat hamil dengan beberapa posisi seks yang aman berikut seperti melansir dari Health, Selasa (21/5/2019).

1. Woman on top

Tidak ada posisi seks yang dilarang sepenuhnya. Namun, pada perempuan hamil trimester kedua dan ketiga harus berhati-hati hindari tidur telentang dalam jangka waktu tertentu.

“Hal tersebut dapat memberikan tekanan dari uterus ke pembuluh darah utama dan mempengaruhi perputaran darah ke fetus,” kata Joshua Klein.

Alasan tersebut menjadikan woman on top sebagai posisi seks yang paling disarankan bagi perempuan hamil. Menurut Rose Hartzell posisi ini baik karena wanita dapat mengatur penetrasi dan bagaimana posisi perut.

Kaki juga akan berasa dalam posisi yang nyaman. Selain itu, perempuan juga biasanya akan merasa lebih mudah untuk orgasme dengan posisi tersebut. Hal ini dikarenakan perempuan dapat mengatur kedalaman, kecepatan serta menstimulasi klitoris secara mudah.

Kehamilan merupakan waktu dimana pasangan biasanya merasa sangat dekat secara emosional. Dengan alasan tersebut, posisi ini merupakan posisi yang tepat. Selain itu, posisi ini juga dapat memberikan kenyamanan pada ibu hamil karena posisi perut yang ditaruh menumpu ke tempat tidur.

“Posisi ini sangat membantu terutama pada trimester ketiga karena ukuran perut yang biasanya sangat besar,” Kata Rose Hartzell.

3. Seks oral

Seks oral merupakan hal aman bagi perempuan hamil. Menurut Rose Hartzel, seks seperti ini justru akan terasa lebih baik bagi perempuan hamil dikarenakan peningkatan asupan darah ke labia dan vagina.

Perubahan hormon pun juga meningkatkan sensivitas seksual. Selain itu, oral seks juga aman bagi Anda yang mengalami masalah kehamilan seperti kaki bengkak atau punggung yang sakit. Posisi ini tidak akan membuat Anda terlalu lelah.

Penulis: Khairuni Cesario