Hindari Wajah Sembap di Pagi Hari, Jaga 6 Kebiasaan Ini

Liputan6.com, Jakarta Kondisi sembap di pagi hari bisa disebabkan oleh berbagai hal, namun umumnya terkait dengan kebiasaan seseorang di malam sebelumnya.

“Kondisi kulit wajah kemerahan dan sembap disebabkan oleh meningkatnya inflamasi (peradangan) atau kurang lancarnya sirkulasi cairan di sekitar mata dan pipi,” ujar Dr Rachel Nazarian dari Scheweiger Dermatology Group di New York City.

Durasi tidur selama tujuh jam juga memungkinkan Anda terbangun dengan wajah sedikit sembab. Ini karena kondisi tubuh yang berbaring horizontal. Sembap tersebut akan hilang setelah beberapa saat terbangun.

Kondisi bangun dengan wajah sembap tidak memang tidak dialami semua orang. Meski begitu, ada kebiasaan baik yang bisa Anda lakukan guna menghindarinya, melansir laman Bustle, Rabu (12/6/2019).

1. Minum air lebih banyak

Mungkin terdengar kontra, minum banyak air untuk mengatasi retensi cairan penyebab sembap di pagi hari. Namun, dehidrasi pun penyebab lain sembap di pagi hari. Jadi inilah alasan Anda perlu minum cukup air sepanjang hari.

Untuk mengetahui apakah Anda cukup minum air, laman Mayo Clinic menulis, hal itu bisa dilihat dari warna urine. Bila warna urine Anda kuning terang atau oranye, ini pertanda dehidrasi. Artinya, Anda perlu minum sebelum merasa haus. Rasa haus juga pertanda Anda mengalami dehidrasi. Sementara, warna urine yang bening pertanda Anda cukup mengonsumsi air.