Gejala Menopause pada Wanita, Kenali Agar Tak Ganggu Aktivitas

Seperti yang dijelaskan pada tahap menopause sebelumnya. Selama menopause, tubuh seorang wanita secara perlahan mengurangi produksi hormon estrogen dan progesterone sehingga terjadilah berbagai gejala menopause.

Ketika terjadi secara alami, gejala menopause pertama adalah siklus menstruasi yang tidak teratur. Menstruasi tidak teratur dapat berupa siklus yang memendek atau memanjang serta berapa lama seorang wanita mengalami masa haid. Anda mungkin juga memperhatikan gejala menopause lain seperti:

Hot Flash dan Keringat Malam

Hot flash merupakan keadaan di mana seorang wanita merasa panas yang sangat dengan berkeringat dan detak jantung yang cepat. Sensasi panas biasanya dirasakan di daerah wajah dan dada. Namun tidak jarang juga terjadi di daerah lain seperti belakang leher, dan dapat menyebar ke seluruh tubuh.

Hot flash dapat membuat Anda merasa hangat atau panas tiba-tiba tanpa alasan yang jelas. Kulit Anda mungkin akan memerah dan jantung Anda berdetak lebih cepat. Anda mungkin tiba-tiba merasa kedinginan.

Keringat malam adalah semburan panas yang terjadi saat tidur. Mereka bisa begitu kuat hingga membangunkan Anda.

Seperti banyak gejala menopause, hot flashes dan keringat malam dapat sangat bervariasi dari wanita ke wanita. Mereka bisa bertahan 1 menit atau 5 menit. Mereka bisa ringan atau berat. Anda dapat mengalami gejala ini beberapa jam, satu minggu, atau tidak pernah memilikinya.

Untuk beberapa wanita, gejala-gejala ini berlangsung selama bertahun-tahun atau dekade setelah mereka mengalami menopause yang disebut juga postmenopause.

Jika Anda memiliki hot flash tetapi tidak yakin itu terkait dengan menopause, bicarakan dengan dokter. Ada beberapa kondisi medis dan bahkan obat-obatan yang dapat menyebabkan hot flash.

Sulit Tidur

Bangun di malam hari atau kesulitan tidur dapat terjadi karena banyak alasan. Tetapi jika Anda biasanya tidak memiliki masalah tidur, itu mungkin merupakan tanda Anda sedang mendekati menopause. Terkadang itu disebabkan oleh gejala menopause lainnya seperti keringat malam.