Dibanding Suplemen, Pola Makan Begini Lebih Ampuh Cegah Kematian karena Penyakit

Liputan6.com, Jakarta Suplemen biasanya menjadi salah satu cara orang-orang untuk melengkapi tubuh mereka dengan asupan vitamin. Sayangnya, sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa nutrisi terbaik hanya didapatkan secara langsung dari makanan asli.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine menganalisis lebih dari 27 ribu orang dewasa berusia 20 tahun ke atas di Amerika Serikat. Mereka mendapatkan pertanyaan tentang apa yang dimakan dalam 24 jam terakhir dan konsumsi suplemen selama 30 hari. Para peserta ini lalu diteliti hingga enam tahun.

Selama masa studi, sekitar 3.600 orang meninggal. 945 dari jumlah itu meninggal karena penyakit jantung dan 805 karena kanker.

Melansir Live Science pada Minggu (14/4/2019), para peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi vitamin K atau magnesium dalam jumlah yang cukup, risikko kematiannya lebih rendah selama masa studi. Khususnya, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mendapatkan cukup nutrisi.

Sementara, orang yang mengonsumsi vitamin A, K, dan seng atau tembaga secara cukup, risiko kematian akibat penyakit jantungnya juga lebih rendah.