Diam-Diam Tanamkan Sperma, Dokter Kesuburan Jadi Ayah dari 45 Anak

Liputan6.com, Jakarta Tes DNA bisa mengungkap banyak hal, salah satunya mengenai asal-usul seseorang. Baru-baru ini tes DNA dari seorang dokter kesuburan di Belanda berhasil mengungkap bahwa dia adalah ayah biologis dari 49 anak.

Setelah melalui perjuangan panjang dalam persidangan, hakim akhirnya setuju untuk memperbolehkan pasien serta anak-anak mereka mengakses DNA dokter Jan Karbaat.

Rupanya, berpuluh tahun lalu Jan Karbaat yang merupakan dokter di sebuah klinik IVF di Rotterdam telah menyalahgunakan kekuasaannya. Karbaat menanamkan spermanya sendiri pada para pasien tanpa sepengetahuan mereka.

Karbaat mengganti sperma yang akan ditanamkan pada pasien terpilih dengan spermanya sendiri. Dan ketika beberapa pasiennya curiga, mereka membawa kasus tersebut ke ranah hukum, sesaat sebelum Karbaat tutup usia pada umur 89.

Melansir laman New York Post, Rabu (17/4/2019), keluarga Karbaat berusaha menghentikan penggunaan DNA-nya untuk penyelidikan. Beberapa bukti DNA itu didapat dari perkakas pribadi Karbaat, seperti sikat gigi. Media Belanda menyebut, benda tersebut disimpan rapat di penyimpanan khusus oleh pihak keluarga.