Cerita Dr Oz Telat Menyadari Gejala Awal Alzheimer pada Sang Ibu

Liputan6.com, Jakarta Ahli bedah jantung yang juga pembawa acara terkenal Mehmet Oz atau Dr Oz baru-baru ini mengungkapkan bahwa sang ibu terkena Alzhaimer. Dia mengaku merasa gagal tidak menyadari lebih cepat gejala penyakit degeneratif progresif pada otak ini.

Hal itu Dr Oz tuliskan pada akun Instagramnya beberapa waktu lalu. Dia menceritakan bahwa ibunya, Suna, yang berusia 81 tahun menderita Alzheimer. Kondisi itu membuat ingatan dan kemampuan berpikir sang ibu menurun.

“Mengetahui diagnosis itu sangat menyakitkan. Tetapi sama menyakitkannya ketika tanda-tanda itu saya abaikan selama ini,” tulis Dr Oz seperti dilansir Health, Rabu (11/9/2019).

Dokter 59 tahun ini mengaku mulai melihat perubahan kecil dalam perilaku sang ibu setelah kematian ayah pada usia 93 tahun pada Februari lalu. Ditandai dengan peningkatan sifat keras kepala sang ibu. Adik Dr Oz juga cerita bahwa cara ibunya berdandan berbeda untuk pertama kali dalam 60 tahun terakhir.

“Ketika ibu saya mulai memberikan beberapa barang miliknya pada orang-orang yang hampir tidak dikenalnya, saya pikir dia hanya ingin meringankan beban setelah ayah saya meninggal,” ucap Dr Oz.

2 dari 3 halaman

Gejala Alzheimer

Alzheimer (Yurchanka-Siarhei/Shutterstock)

Berikut beberapa gejala yang mungkin muncul pertanda orang mengalami Alzheimer:

1. Memiliki kesulitan dalam merencanakan sesuatu

2. Bingung terhadap waktu dan tempat

3. Kesulitan menyelesaikan pekerjaan

4. Kesulitan memahami visual

5. Lupa meletakkan sesuatu dan tidak bisa mencarinya kembali

6. Bermasalah dengan kata-kata

“Ketika Anda mencurigai ada gejala di atas pada orang terdekat coba cek lebih lanjut. Melakukan hal itu mungkin tidak nyaman tetapi itu dapat membantu memperlambat perkembangan Alzheimer pada seseorang,” jelas Oz.

Penyakit Alzheimer (Sumber: iStockphoto)

Dia juga mengungkapkan bahwa dirinya juga memiliki risiko tinggi terkena Alzeimer. Hal ini diketahui setelah melakukan tes di Alzheimer’s Prevention Clinic di Weill Cornell Medicine, New York.

Dokter menginstruksikan Oz untuk menurunkan tingkat kolestrol dan memperbanyak olahraga untuk meningkatkan memorinya. Menurunkan tekanan darah, kolestrol, dan kadar gula dapat menurunkan risiko seseorang terkena Alzheimer.

“Penelitian menunjukkan walaupun gen menyebabkan Anda memiliki risiko yang lebih tinggi, perubahan gaya hidup juga dapat membuat perubahan,” tutupnya.

 

 

Penulis: Diviya Agatha

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini: