Cerita Direktur RSUD Tiom Papua soal Kebaikan Hati Warga Bangun Pagar Rumah Sakit

Liputan6.com, Jakarta Rumah Sakti Umut Daerah (RSUD) Tiom yang berada jauh di ujung Indonesia tepatnya di Kabupaten Lanny Jaya, Papua sudah memperoleh akreditasi pada 2018. Namun, banyak tantangan yang dilewati rumah sakit ini untuk bisa mendapatkan akreditasi.

Untuk bisa meraih akreditasi, tentu tak bisa hanya tim rumah sakit saja. Menurut Direktur RSUD Tiom dokter Nataniel Imanuel Hadi perlu sinergi dari banyak pihak. Mulai dari soliditas dokter, suster dan karyawan rumah sakit, ilmu darirumah sakit lain yang sudah terakreditasi, pemerintah daerah, aparat kepolisian untuk mengawal tim surveyor Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Tak ketinggalan, peran masyarakat juga besar dalam mewujudkan rumah sakit ini mendapat akreditasi. Berkat bantuan warga, RSUD Tiom punya pagar yang merupakan salah satu syarat akreditasi.

“Secara umum, kesulitan terbesar dalam akreditasi rumah sakit di Papua adalah ketersediaan alat, tapi itu bukan jadi masalah bagi kami karena dari sisi peralatan, rumah sakit kami bisa dibilang sudah cukup lengkap. Yang jadi kendala adalah kami belum memiliki pagar rumah sakit,” kata Nataniel.

“Kelihatannya sepele, tapi itu adalah salah satu syarat akreditasi dan butuh biaya yang besar,” cerita Nataniel seperti dikutip dari rilis dari BPJS Kesehatan diterima Health-Liputan6.com pada Senin (7/1/2019).