Catat, Ini Dampak Menyimpan Rahasia

Liputan6.com, Jakarta Semua orang di dunia pastinya pernah atau sedang menyimpan rahasia. Entah itu menyimpan rahasia dari kekasih, teman dekat, bahkan keluarga.

Hati-hati, sebuah penelitian dari Journal of Personality and Social Psychology menemukan bahwa menyimpan suatu rahasia, baik itu rahasia kecil atau besar, dapat memberikan efek kesehatan negatif meski dengan hanya memikirkannya.

Seorang asisten profesor dari Columbia Business School, Amerika Serikat, Michael Slepian mengatakan bahwa seseorang cenderung akan berpikir tentang rahasia yang disimpan. Dan hal tersebut akan membuatnya merasa tidak dapat dipercaya atau tidak autentik.

Slepian dan para peneliti lainnya bahkan sudah melakukan penelitian terkait masalah ini. Dengan meneliti lebih dari 2.000 responden dan lebih dari 13.000 rahasia, dapat dikatakan bahwa menyimpan rahasia dapat membuat kualitas hubungan pribadi dengan orang lain menjadi lebih rendah atau buruk.

“Apa yang tampaknya sulit tentang rahasia, bukanlah menyembunyikannya, tetapi memikirkannya,” imbuh Slepian, seperti dikutip dari US News Health.

“Rahasia seperti alasan pergi sekolah padahal bolos, hingga rahasia besar seperti perselingkuhan, dapat memberikan tekanan batin pada yang menyimpan rahasia.” tambahnya.