Cara Sehat Tetap Terjaga di Malam Hari Saat Harus Kerja Lembur

Liputan6.com, Jakarta Ada tenggat waktu tugas atau proyek yang harus diselesaikan hari ini? Atau ingin mengadakan acara surprise ulang tahun tepat jam 12 malam? Tapi tidak sanggup untuk tetap terjaga hingga malam hari?

Ini dia beberapa cara sederhana dan sehat untuk menyadarkan tubuh agar bisa tetap bangun melewati jam 10 malam sesuai lansiran dari Bustle ditulis Selasa (6/8/2019).

1. Jalan Cepat

Anda bisa melakukan jalan cepat untuk mendapatkan energi. Studi yang dilakukan oleh Robert Thayer, Ph.D menunjukkan bahwa jalan cepat selama 10 menit dapat meningkatkan energi selama 2 jam.

Demikian juga, berolahraga ringan dapat merangsang energi yang dibutuhkan untuk begadang.

2. Power Nap

Begadang bukan berarti tidak bisa tidur sama sekali. Menurut Science of People, tidur siang 10 hingga 20 menit dapat memberi sentakan cepat dan kewaspadaan dan atau mengurangi kelelahan.

Power Nap adalah hal yang Anda butuhkan jika berencana untuk tetap sadar melewati jam tidur Anda biasanya.

3. Camilan

Camilan gula dapat meningkatkan energi. Mengonsumsi selai kacang, kacang, buah, atau yogurt dapat meningkatkan dosis energi lebih lama. Siapa coba yang tidak suka dengan camilan malam? Ini mungkin menjadi tips terfavorit untuk Anda agar tetap terjaga di malam hari.

2 dari 2 halaman

Tidur Malam

Ilustrasi (yanalya/Freepik)

4. Mandi Air Dingin

Semburan air dingin yang cepat dapat membangunkan hampir semua orang. Rencanakan jadwal mandi air dingin Anda mendekati waktu rencana Anda untuk begadang.

Menghangatkan tubuh Anda di malam hari akan membuat Anda ingin merangkak ke tempat tidur dan segera terlelap.

5. Jaga Tubuh Tetap Dingin

Bicara soal suhu, tetap dingin bisa membantu mengatasi kantuk karena dengan dingin dapat membuat otak lebih waspada.

“Memercikkan air yang sangat dingin ke wajah dan tangan dapat membantu membangunkan tubuh dan otak karena tubuh harus bekerja untuk menggantikan panas yang hilang,” tulis Medical News Today.

6. Nyalakan Lampu

Kamar atau ruangan yang remang dapat mengundang rasa kantuk. Menjaga ruangan tetap terang dapat membuat otak menjadi waspada. Cobalah meningkatkan intensitas sumber cahaya di tempat kerja jika Anda berencana untuk begadang.

7. Aktif Bergerak

Rangsang pikiran Anda dengan mengubah aktivitas dan lebih aktif bergerak. Bergerak dapat meningkatkan energi dan kewaspadaan, membuat lebih mudah untuk tetap terjaga untuk menyelesaikan tugas.

Penulis: Febrianingsih Alamako