Bisakah Pasien Kanker Disebut Sembuh Total?

Selama ini kanker selalu lekat dengan kematian. Padahal, ada banyak bukti pasien kanker yang bertahan hidup lama. Bahkan sesehat orang tanpa penyakit kanker, seperti disampaikan Ari.

Stadium kanker juga turut menentukan angka survival rate (prediksi terhadap bertahan hidupnya penderita kanker untuk waktu tertentu). Semakin dini kanker ditemukan lalu segera diobati maka survival rate-nya makin tinggi.

Pria yang sehari-sehari berpraktik pengajar di Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM ini mencontohkan pada pasien kanker usus besar stadium 1 survival rate mencapai 90 persen.

“Artinya, 9 dari 10 pasien kanker usus besar stadium 1 bisa berthaan sampai 5 tahun. Bahkan bisa saja lebih dari 5 tahun,” katanya.

Sementara untuk pasien yang didiagnosis kanker usus besar stadium 4, survival rate untuk 5 tahun hanya 11 persen. Artinya, lebih kurang hanya 1 dari 10 pasien kanker tersebut yang bertahan hidup dalam lima tahun ke depan.

Sementara untuk kanker nasofaring survival rate stadium 1 mencapai adalah 72 pesen. Lalu, pada stadium 2 mencapai 64 persen, stadium 3 mencapai 62 persen, stadium 4 mencapai 38 persen.

“Jadi, untuk pasien kanker nasofaring stadium 4 survival rate lebih baik tiga kali dari pasien kanker usus besar stadium 4,” tutur Ari.

Saksikan juga video menarik berikut

Mengganti makanan dengan jenis yang kurang sentuhan kimia sintetisnya merupakan cara yang lazim dianjurkan bagi mereka yang memiliki risiko terkena kanker.