Berhubungan Seks Saat Menstruasi, Perlu Pakai Kondom?

Liputan6.com, Jakarta Kondom ternyata perlu digunakan untuk berhubungan seks saat Anda menstruasi. Berdasarkan survei Condom Use Research Team (CURT) di Kinsey Institute, 21 persen wanita yang menstruasi cenderung memutuskan untuk menggunakan kondom ketika mereka berhubungan seks.

Sebanyak 74 persen wanita menyampaikan, keputusan menggunakan kondom adalah keputusan bersama. Studi ini mencakup 95.000 wanita yang sedang menstruasi dari 200 negara.

Clue Science and Education Manager, Anna Druet mengungkapkan, penggunaan kondom selama menstruasi di kala bercinta untuk menghindari penularan infeksi menular seksual (IMS) dan kehamilan yang tak terduga.

“Masalahnya adalah Anda rentan terhadap kehamilan dan IMS waktu bercinta saat sedang menstruasi. Inilah alasan perlu menggunakan kondom,” jelas Druet, sesuai dikutip dari Bustle, Selasa (21/5/2019).

Ketika ditanya dari sisi penularan IMS dan kehamilan, sebanyak 15 persen tidak menggunakan kondom saat menstruasi. Kemudian 30 persen wanita kurang khawatir tentang kehamilan selama menstruasi dan 31 persen tidak cemas tentang tertular IMS.