Belajar dari Cinta Penelope, Hindari Faktor Risiko Pemicu Kanker

Liputan6.com, Jakarta Kabar kurang menyenangkan datang dari pedangdut Cinta Penelope yang divonis kanker sejak enam bulan lalu. Penyanyi lagu Keong Racun ini pun menyebutkan kemungkinan penyebab dirinya terkena kanker.

Sebelum memutuskan berhijab, Cinta Penelope mengaku memiliki gaya hidup yang kurang sehat. Ia suka begadang sambil menghabiskan berbatang-batang rokok. Bisa jadi, kebiasaan itu yang menyebabkannya terkena kanker yang tipenya tak ia sebutkan.

“Minum (alkohol), begadang, dan merokok juga,” katanya seperti dikutip dari Showbiz Liputan6.com.

Tiga kebiasan yang diungkapkan Cinta Penelope di atas memang berulang kali disebut oleh banyak dokter bisa meningkatkan risiko terkena kanker. 

“Ya, rokok dan alkohol dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker,” kata dokter spesialis gizi klinik Fiastuti Witjaksono dalam program video Dokter Bicara Kanker.

Di dalam rokok, kata Fiastuti, terkandung bahan kimia dan bahan bersifat racun yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker.

Tak cuma kanker paru, kebiasaan merokok ini juga menyebabkan 14 tipe kanker lainnya. Diantaranya kanker mulut, faring, hidung, liver, pankreas, perut, ginjal, dan serviks seperti mengutip laman resmi Cancer Research UK, Selasa (16/4/2019).

Untuk alkohol, Fiastuti mengatakan mengonsumsi minum minuman keras dalam jumlah berlebihan membuat fungsi hati serta organ tubuh lain terganggu. Sehingga dapat memicu berbagai kanker.