Bayi Kedua dengan ‘Tiga Orangtua’ Lahir ke Dunia

Bayi ini merupakan kedua yang lahir dari teknik tersebut. Sebelumnya, New Scientist menyatakan bahwa seorang anak lahir menggunakan prosedur tersebut sehingga memiliki ‘tiga orang tua.’

Anak asal Meksiko ini dikandung dengan sel telur ber-DNA inti dari ayah dan ibunya, serta DNA mitokondria dari wanita kedua yang merupakan pendonor tidak dikenal.

Keberhasilan ini disambut dengan baik oleh sebagian besar peneliti. Dr. Dusko Ilic dari King’s College London menyatakan bahwa ini adalah sebuah langkah revolusioner dalam dunia medis.

“Semoga ini semakin menjinakkan kritik yang bertub-tubi, mempercepat praktik di lapangan dan segera, kita akan menyaksikan kelahiran bayi donor mitokondria pertama di Inggris,” kata Illic seperti dikutip dari The Sun.

Di 2016, Inggris menjadi negara pertama di dunia yang mengizinkan teknik tersebut setelah pemungutan suara oleh anggota parlemen. Teknik ini sempat mendapatkan pertentangan dari pemimpin-pemimpin agama, serta aktivitis yang melawan praktik mendesain bayi.