Awas, Orang yang Malas Sarapan Berisiko Kena Penyakit Ini

Hasil studi menunjukkan bahwa orang dengan berat badan berapa pun yang tidak makan pagi hari masih memiliki kemungkinan lebih tinggi terkena diabetes.

“Ini penting karena kebanyakan orang berpikir bahwa sarapan selalu identik dengan kelebihan berat badan atau obesitas, dan ini bisa menjadi penyebab peningkatan risiko diabetes tipe 2,” kata Osama Hamdy, MD, PhD , direktur medis Program Obesity Clinical di Harvard Medical, seperti dimuat EverydayHealth.

Penulis penelitian juga menunjukkan, peningkatan risiko diabetes juga terjadi pada mereka yang akhirnya merokok, kurang berolahraga dan minum lebih banyak alkohol.

“Orang yang melewatkan sarapan juga akhirnya makan lebih banyak kalori total sepanjang hari, yang telah ditunjukkan dalam banyak penelitian,” kata Jan Rystrom, RD, pakar diabetes di Swedish Medical Center di Seattle.

Rystrom merekomendasikan bahwa penderita diabetes makan tiga hingga lima kali sehari, dengan interval tiga hingga lima jam sepanjang hari. Makan teratur membantu menjaga kontrol gula darah.