9 Ciri-Ciri Psikopat yang Perlu Diwaspadai, dari Cara Berbicara hingga Bertindak

1. Gerak-gerik Aneh

Ciri-ciri psikopat yang paling utama dan paling sering ditemukan adalah gerak-gerik yang aneh. Menurut psikolog Robert Hare, beberapa tanda masalah perilaku awal meliputi kebohongan, kecurangan, pencurian, pembakaran dengan sengaja, bolos sekolah, penyalahgunaan narkoba, vandalisme, dan atau dewasa sebelum waktunya.

Para peneliti mengungkapkan bahwa lobus depan otak milik seorang psikopat kurang berkembang. Padahal, bagian itu adalah bagian otak yang mengendalikan pemikiran tingkat tinggi dan beberapa aspek kecerdasan.

2. Manipulator

Psikopat adalah master dari tiga hal yaitu manipulasi, defleksi, dan tipuan, yang semuanya membantu mereka mempertahankan untuk selalu menjadi posisi nomor satu.

Psikopat sangat sering menipu hanya untuk mendapatkan respons emosional dari lingkungannya. Meskipun sering ketahuan berbohong, seorang psikopat tidak pernah menyesal dan cenderung akan melakukan hal yang sama secara berulang.

3. Pembohong Ulung

Ciri-ciri psikopat yang ketiga berupa sifatnya sebagai pembohong yang ulung dan lihai memutar balikkan kata. Jika seorang psikopat mulai berbohong, mereka tidak bisa dan tidak mau berhenti. Tidak seperti orang normal, psikopat tidak peduli jika kebohongan mereka diketahui karena mereka bisa berbohong lagi untuk menutupinya.